Sistem Informasi

Sistem informasi adalah kumpulan komponen yang saling bekerja untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi untuk mentransformasikan data menjadi informasi.

Adapun cara untuk mencari data yaitu:
1. Kuesioner, yaitu pengumpulan data atau informasi yang dioperasionalisasikan ke dalam           bentuk item atau pertanyaan.
2. Observasi, yaitu penelitian atau pengamatan sistematis dan terencana untuk memperoleh         data
3. wawancara, yaitu kegiatan Tanya jawab pada narasumber untuk memperoleh informasi.
4. Kejadian (Event), yaitu memperoleh data berdasarkan fakta yang terjadi dalam suatu               peristiwa.

Untuk mendapat informasi yang baik tentu saja juga harus memiliki kualitas yang baik. Untuk mendapat informasi dengan kualitas yang baik harus memiliki sifat sebagai berikut:
1. Timeliness (tepat waktu), yaitu informasi yang diberikan tidak boleh terlambat karena jika informasi itu sudah didengar oleh si penerima, informasi tersebut tidak ada nilainya lagi.
2.  Accuracy (akurat), yaitu ketepatan informasi yang diberikan, apakah sesuai fakta atau tidak.
3. Reduced Uncertainty, yaitu informasi ketidak pastian harus diperkecil dalam suatu penyampaian atau dengan kata lain memprediksi tingkat ketidak pastian sebuah informasi.

Informasi yang dipresentasikan juga dapat berupa:
1. Kertas (Hardcopy)
2. Tampilan/display-monitor/video
3. Suara/audio

Beberapa informasi yang dibutuhkan dalam sebuah laporan (pivot):
1. Laporan priodik
2. Laporan indikator kunci
3. Laporan berdasarkan permintaan
4. Laporan khusus
5. Laporan penyimpangan

Laporan juga dapat disampaikan dalam bentuk:
1. Narasi
2. Tabel
3. Grafik dan Gambar
4. Kombinasi
5. Kertas/Hardcopy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar